;

Sunday, 19 December 2010

tugas pengantar bisnis

Sunday, 19 December 2010

NAMA : Desy Dwi Jayanti
Kelas    : IEB04
NMP    : 21210864



1). Pengertian manajemen
Manajemen adalah suatu proses yang melibatkan kegiatan seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, melalui pemanfaatan SDM dan SD lainnya.

2). Fungsi-fungsi Manajemen
Fungsi manajemen yang utama adalah :
1. Perencanaan/ planning
    Yaitu fungsi yang utama dan terpenting dipakai agar sasaran dan tujuan dapat tercapai di masyarakat.
Perlunya suatu perencanaan adalah untuk menidentifikasi peluang masa depan, antisipasi atau menghindari masalah masa depan, dan untuk mengembangkan langkah-langkah strategik.
2. Pengorganisasian/ Organizing
    Fungsi manajemen yang kegiatannya membagi pekerjaan, mengelompokan pekerjaan, mendelegasikan wewenang dan mengkoordinasikan aktivitas.
Tujuannya adalah agar setiap individu dapat mengetahui dengan jelas tugas, kewajiban dan tanggung jawab, agar terbina hubungan yang baik antar anggota organisasi dan antar organisasi.
3. Pengarahan/Actuating
    Adalah kegiatan untuk mengarahkan agar semua anggota organisasi melaksanakan kegiatannya masing-masing yang telah ditentukan.
Bentuk kegiatannya adalah berkomunikasi dengan semua anggota organisasi, memberikan pengarahan dan petunjuk, memberikan kepemimpinan , dan memberikan motivasi untuk mendorong para karyawannya.
4. Pengendalian/ Controling
   Adalah aktivitas untuk menemukan, mengoreksi, apakah adanya penyimpangan-penyimpangan dari hasil yang telah dicapai, dibandingkan dengan rencana yang telah ditetapkan.
Langkah-langkah pengendalian yaitu menetapkan standar dan metode, mengukur prestasi kerja, menentukan apakah kerja sesuai standar dan mengambil tindakan koreksi.

3). Keterampilan manajemen
1. keterampilan konseptual
    Kemampuan untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan dan kepentingan organisasi.
2. keterampilan kemanusiaan
    Keterampilan untuk bekerja dengan orang lain, memahami dan memotivasi mereka.
3. keterampilan administrasi
    Keterampilan untuk menata administrasi organisasi.
4. keterampilan teknik
    Keterampilan untuk menggunakan peralatan-peralatan mesin, teknik dan metode bidang tertentu seperti komputer, akuntansi, produksi dll.

4). Bentuk-bentuk organisasi
1. Organisasi Garis
    Adalah bentuk organisasi dimana terdapat garis kekuasaan dan tanggung jawab dari teratas sampai dengan paling bawah
2. Organisasi Garis dan Staff
    Adalah bentuk organisasi yang banyak di pakai oleh perusahaan besar, daerah usahanya, luas dan kompleks. Pada prinsipnya hampir sama dengan bentuk garis, hanya ditambah STAF, yaitu satu/ beberapa orang yang ahli dalam bidang tertentu yang tugasnya memberi saran/ nasehat sesuai bidangnya kepada pimpinan. Bila mengalami kesulitan dalam mengalami masalah yang terjadi staf tidak memiliki Hak memerintah bawahan.

3. Organisasi Fungsional
    Adalah bentuk organisasi yang terbagi ke berbagai bidang sesuai fungsi seperti pemasaran, produksi, perusahaan, wewenang dan tanggung jawab melekat terhadap proses/ fungsi masing-masing. Setiap anggota fungsi hanya mengerjakan fungsinya wewenang dan tanggung jawab sangat tegas telah digariskan.
4. Organisasi Matrix
    Adalah bentuk organisasi dimana perusahaan biasanya mengerjakan 2 pekerjaan, yaitu pekerjaan dasar dan pekerjaan-pekerjaan tertentu dalam perusahaan besar dan batas toleransi pekerjaan yang singkat maka dipakai bentuk matrix.
5. Organisasi Komite
    Komite adalah kelompok formal yang menggantikan para manajer didalam struktur organisasi.

5). Konsep-konsep Inti Pemasaran
1. kebutuhan
    Adalah konsep paling pokok, yang melandasi pemasaran. Kebutuhan adalah segala sesuatu keadaan perasaan yang harus di penuhi, kalau tidak akan menderita (mati) seperti maka, minum, pakaian.
2. keinginan
    Adalah kebutuhan yang dibentuk oleh budaya, sikap pribadi seseorang. Misal orang indonesia makan nasi.
3. permintaan
   Adalah kebutuhan atau keinginan manusia yang didukung daya beli.
4. produk
   Adalah alat pemuas kebutuhan, keinginan dan permintaan.
5. pertukaran
   Adalah kegiatan untuk mendapat barang dan jasa yang diinginkan dari pihak lain dengan memberikan sesuatu sebagai gantinya
6. transaksi
   Adalah bentuk pertukaran yang lebih luas, ada nilai-nilai, syarat-syarat, kesepakatan, waktu dan tempat kesepakatan.
7. pasar
   Kumpulan pembeli nyata ataupun pembeli potensial. Pasar timbul di sekitar produk (barang / jasa) yang bernilai seperti tenaga kerja, pasar uang, pasar mobil, hp dll.

6). Konsep-konsep Manajemen pemasaran
1. konsep produksi
    Konsumen akan menyukai produk-produk yang murah, jumlah/ variasi banyak dan mudah dijangkau. Dan yang dilakukan oleh manajemen adalah mengefisiensi produksi dan distribusi.
2. konsep produk
    Konsumen akan senang dengan produk yang bermutu. Penampilan baik dibanding produk lain. Sikap manajemen perbaikan-perbaikan pada produk terus menerus.
3. konsep penjualan
    Konsumen tidak membeli produk, karena tidak ada manfaatnya. Sikap manajemen, promosi, teknik menjual yang baik.
4. konsep pemasaran
    Untuk mencapai sukses, maka melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih baik dibandingkan psaing-pesaing.
5. konsep pemasaran kemasyarakatan
    Tujuan pemasaran bukan untuk memuaskan kebutuhan, keinginan dan permintaan saja, tapi yang lebih penting bagaimana bisa meningkatkan kesejahteraan konsumen masyarakat.

7). Pengertian Pemasaran
1. pemasaran menurut Philip Kotler
    Pemasaran adalah kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
2. pemasaran menurut William J.stantom
    Pemasaran meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan kegiatan untuk merencanakan dan     menentukan harga, hingga mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli aktual dan potensial.
3). Menurut American Marketing Association
     Pemasaran merupakan pelaksanaan kegiatan usaha niaga yang diarahkan, pada arus aliran barang dan jasa dari podusen ke konsumen.

8). Tujuan sistem pemasaran
- Memaksimalkan konsumsi
- Memaksimalkan kepuasan konsumen
- Memaksimalkan pilihan
   Artinya tersedianya aneka ragam produk, jumlah, variasi, harga, mutu sehingga banyak pilihan.
- Memaksimalkan kualitas hidup
   Banyak barang atau jasa yang bermutu tinggi yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup umat manusia

...TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...SEMOGA TIDAK BOSAN DENGAN ISI BLOG INI...

SEGARKAN MATA - 02:16
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 comments:

Post a Comment