;

Tuesday 22 March 2011

KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA INDONESIA

Tuesday 22 March 2011

Sumber Daya Manusia (SDM) memang sangat diperlukan untuk mengukur sejauh mana
kualitas dari SDM tersebut. Apalagi sumber daya manusia di Indonesia memang masih kurang karena kebanyakan masyarakat Indonesia bersifat malas tidak mempunyai banyak aktifitas, sehingga banyak waktu yang terbuang sia-sia.

Kurangnya SDM di Indonesia dilatarbelakangi oleh kurangnya pendidikan, sehingga mengakibatkan tingkat pengangguran di Indonesia semakin meningkat. Sehingga perusahaan menggantikan tenaga manusia dengan tenaga mesin karena dinilai lebih efektif dan lebih efisien dibandingkan menggunakan tenaga manusia.

Dengan keadaan seperti itu masyarakat tidak dapat merubahnya karena keterbatasan ruang dan waktu. Kurangnya kualitas SDM di Indonesia diakibatkan karena kurangnya pengetahuan karena tidak mengenyam dunia pendidikan, semua itu diakibatkan karena kurangnya keterbatasan ekonomi dan biaya pendidikan yang semakin mahal sehingga kemampuan ekonomi mereka hanya cukup untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.
Hal tersebut dapat menyebabkan kemiskinan di Indonesia yang semakin parah, sehingga mempengaruhi perkembangan Negara Indonesia.

Kurangnya SDM Indonesia dipengaruhi beberapa factor yaitu seperti kuranngnya akan IPTEK, kurangnya pendidkan, dan sebagainya.

Kurangnya SDM juga di pengaruhi sikap masyarakat Indonesia yang cenderung malas, banyak berdiam diri dan menganggur. Karena masyarakat yang kurang aktuf dan tidak mempunyai kreatifitas. Sehingga banyak waktu yang terbuang sia-sia, pada saat waktu luang mereka tidak memanfaatkan waktu tersebut dengan baik, padahal dengan banyaknya waktu mereka dapat melakukan banyak hal yang dapat menghasilkan uang dan tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan kehidupan mereka. Dan harus di dorong dengan semangat dan kemauan yang kuat untuk merubah kehidupan mereka.

Namun karena sifat masyarakat Indonesia yang kurang aktif dan tidak mau berusaha untuk maju, cobalah kita contoh masyarakat jepang yang hidup tidak mau menyia-nyiakan waktu, jika ada waktu luang mereka memanfaatkannya dengan membuat anyaman, dan anyaman tersebut mempunyai nilai jual yang lumayan. Sifat masyarakat tersebut patut kita contoh.

Maka dari itu untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia kita harus menimba ilmu unjtuk menambah IPTEK agar SDM Indonesia dapat digunakan dan dapat dipercaya di negaranya sendiri.

...TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...SEMOGA TIDAK BOSAN DENGAN ISI BLOG INI...

SEGARKAN MATA - 20:32
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 comments:

Post a Comment