;

Thursday 21 March 2013

Riset Al-Quran & Sains: BAHAYA KLONING MAKHLUK HIDUP

Thursday 21 March 2013

BAHAYA KLONING
Oleh R Syarif Ario Dgs

[Setan berkata:] “ dan pasti akan kusesatkan mereka, dan akan kubangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan kusuruh mereka memotong telinga-telinga binatang ternak ,  ( lalu mereka benar-benar memotongnya) , dan akan aku suruh mereka mengubah ciptaan Allah , ( lalu mereka benar-benar mengubahnya). Barangsiapa menjadikan setan sebagai pelindung selain Allah, maka sungguh, dia menderita kerugian yang nyata.  ”  (QS. An-Nisa : 119)


Pada ayat di atas terdapat kalimat “yubattikunna,” yang berasal dari verba “battaka” yang artinya “untuk memotong atau menghentikan.” Terdapat pula kalimat “yughayyirunna”  yang berasal dari verba “ghayyara,” yang berarti “untuk mengubah, merusak sesuatu dari bentuk asli . Pada akhir dari kedua verba tersebut  muncul “nun”  yang dalam satu aspek, akan menunjuk pada kegiatan ilmiah dari kloning organisme (wallahu ‘alam.). Hal Itu karena eksperimen kloning umumnya dilakukan dengan sel yang diambil dari telinga hewan.  Dengan kata lain,  replika makhluk hidup diproduksi dengan mengambil sel dari sampel jaringan “ pemotongan telinga hewan  “, seperti yang dijelaskan dalam ayat tersebut.

Menurut laporan  German Federal Agricultural Research Center  ( Pusat  Riset Pertanian  Federal Jerman) memberikan informasi sebagai  berikut:

Tahap pengumpulan jaringan pendek dan sederhana. Seekor  hewan ditempatkan dan ditahan, sampel jaringan seperti kliping telinga dapat dikumpulkan dalam hitungan detik. Selain itu, sel-sel somatik dapat dikumpulkan dari semua spesies. Untuk sapi, babi, domba, kambing, dan llamas camelids, prosedur terpadu dan identik dapat digunakan dengan mendapatkan sampel jaringan dari telinga menggunakan notchers yang juga digunakan untuk menetapkan ciri … Jelas, untuk semua spesies limfosit dapat digunakan, sel butsomatic dari kliping telinga akan lebih mudah untuk mendapatkan dan karena itu lebih baik. 1

Beberapa laporan mengenai organisme kloning dengan mengambil sampel dari jaringan telinga :

    Menurut laporan Reuters pada tanggal 1 Mei 2002, Jose Visintin, seorang dokter hewan melakukan penelitian di University of Sao Paolo di Brasil, menghasilkan embrio kloning untuk pertama kalinya di negara itu dengan menggunakan sel-sel yang diambil dari telinga seekor sapi dewasa.
    Menurut laporan BBC, para ilmuwan Korea Selatan mengkloning anjing bernama Snuppy dari sel yang diambil dari anjing 3tahun Afghanistan. Para peneliti di Seoul National University diekstraksi materi genetik dari sel-sel yang diambil dari telinga dan meletakkannya ke dalam sel telur kosong. Embrio kemudian diperoleh dengan merangsang sel untuk disebarkan.
    Laporan lain BBC mengatakan bahwa klon baru telah diproduksi menggunakan sel telinga dari sapi dewasa dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr Jean-Paul et al Renard di Institute National de la Recherche Agronomique di Perancis.
    Menurut informasi dari situs resmi  proyek genome manusia, pada Februari 2002, para ilmuwan dari  Advance Cell Technologies (ACT) perusahaan bioteknologi dilakukan pada percobaan kloning embrio sapi menggunakan sel kulit dari donor telinga sapi
    Menurut laporan Associated Press, tanggal 24 Januari 2000, mengumumkan bahwa para ilmuwan Jepang telah mengkloning klon dari banteng untuk pertama kalinya. Ketika  kloning ulang, sampel jaringan kulit dari kloning generasi pertama telinga banteng diambil ketika  berusia empat bulan. Sel-sel ini kemudian menyatu dengan telur yang tidak dibuahi dari nukleus yang telah berpindah.6

Metode dalam  perubahan penciptaan makhluk hidup disebut dalam Al-Qur’an dan ditunjukan dalam verba yang artinya “memotong telinga binatang ternak,”. Pada saat tidak ada cabang ilmu pengetahuan seperti genetika atau embriologi, Al Qur’an menunjukan bahwa  dia merupakan wahyuNya yang turun dari Penglihatan Tuhan kita, Allah yang tak terkekang oleh waktu. Pada akhir ayat juga ditegaskan bahwa orang-orang akan kecewa ketika mereka mengubah apa yang Allah telah ciptakan.

Ayat ini karenanya dapat menunjukkan bahwa kloning akan menimbulkan berbagai masalah bagi manusia. (Wallahu ‘alam.).  Menurut pernyataan dari Pusat Studi Ilmu Genetik , University of Utah memberikan informasi sebagai  berikut:

“ Ketika kita mendengar keberhasilan kloning, kita belajar tentang beberapa upaya yang bekerja. Apa yang kita tidak lihat adalah, banyaknya  eksperimen kloning yang gagal, bahkan  walaupun sukses, masalah cenderung muncul di kemudian hari,  yakni selama perkembangan hewan beranjak dewasa “ .

Informasi dari situs Proyek Genom Manusia menunjukan :

Dolly, mamalia pertama yang dikloning dari DNA dewasa, meninggal pada14 Februari 2003. Sebelum kematiannya, Dolly telah menderita kanker paru-paru dan arthritis melumpuhkan. Lebih dari 90% upaya kloning gagal menghasilkan ketidakmampuan berketurunan ( mandul ). Selain tingkat keberhasilan yang rendah, hewan hasil kloning cenderung memiliki fungsi kekebalan yang lemah dan tingkat infeksi yang tinggi , pertumbuhan tumor, dan gangguan lainnya. Studi Jepang telah menunjukkan bahwa tikus kloning hidup dalam kesehatan yang buruk dan meninggal lebih awal, terlihat sehat di usia muda sayangnya bukan merupakan indikator yang baik untuk bertahan hidup dalam  jangka panjang. Klon telah dikenal menyebabkan kematian secara misterius. Misalnya, domba Australia kloning pertama tumbuh sehat dan energik, kemudian  ia meninggal, dan hasil dari otopsi gagal dalam menentukan penyebab kematiannya.

Secara umum, risiko yang timbul dari eksperimen kloning adalah sebagai berikut:

1) Tingkat kegagalan tinggi. Tingkat keberhasilan hanya 0,1% -3%. Itu berarti tingkat kegagalan 970-999 untuk setiap 1000 experiments.

2) Masalah yang timbul selamapertumbuhan.  Hewan kloning umumnya memiliki organ abnormal yang lebih besar dibandingkan dengan aslinya. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan pernapasan dan sirkulasi,  ginjal  dan otak tidak sehat , dan sistem kekebalan tubuh terganggu.

3) pola ekspresi gen abnormal. Meskipun klon memiliki urutan DNA yang sama seperti aslinya, inti sel pada klon tidak memiliki susunan yang sama seperti pada embrio alami. Dengan kata lain, DNA tidak dapat menunjukan susunan yang benar pada esensi gen  untuk perkembangan klon pada waktu yang tepat. Sebagai contoh, sel-sel dari segala jenis saraf, tulang, darah atau kulit misalnya, semua memiliki susunan yang berbeda tetapi susunan  genetik pada embrio klon tidak bekerja  secara sehat seperti yang di alami embrio.

4) Perbedaan telomeric.  Kromosom dikenal sebagai pembelahan sel . Alasannya  karena  DNA urutan di kedua ujung kromosom dikenal sebagai telomeres, yang diperpendek selama setiap replikasi DNA. Binatang yang tumbuh lebih tua, telomeres mempersingkat bagian dari penuaan itu. Oleh karena itu, bentuk kehidupan  yang disalin telah dipersingkat kromosom dari saat ia lahir, seolah-olah itu benar-benar tua.

Materi genetik yang diambil dari sel-sel hidup yang digunakan dalam percobaan kloning, namun pembuahan terjadi secara tiruan. Mekanisme reproduksi  yang diciptakan oleh Allah terganggu dengan metode ini, dan  munculah penyakit tak dikenal, kekurangan perkembangan dan kematian dini. Al Qur’an telah menyebutkan tentang kloning sejak bahwa 1400 tahun yang lalu, bahwa  para ilmuwan akan melakukan kloning dan muncul  berbagai masalah.

Dalam proses kloning, DNA dari sel pada makhluk hidup akan disalin dan ditempatkan di bawah mikroskop , selanjutnya ditempatkan ke dalam sel telur dari anggota lain dari spesies yang sama. DNA hewan dimaksudkan untuk disalin dan  digunakan untuk proses kloning ini. Kemudian Sengatan listrik diterapkan,  sehingga merangsang sel telur untuk memulai pembelahan. Embrio terus membagi dan ditempatkan ke dalam rahim dari anggota spesies, dan kemudian ditinggalkan untuk berkembang dan dilahirkan. 

- Dani Fitriani -

...TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...SEMOGA TIDAK BOSAN DENGAN ISI BLOG INI...

SEGARKAN MATA - 15:10
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 comments:

Post a Comment