;

Monday 1 April 2013

Cara Menghilangkan dan Mengatasi Ketombe

Monday 1 April 2013

Cara Menghilangkan Ketombe - Bagi sebagian banyak orang ketombe merupakan hal yang sangat menjengkelkan. Ketombe adalah pengelupasan kulit mati dikulit kepala dan hal tersebut merupakan hal yang normal bagi manusia. Masalah yang sering terjadi adalah pengelupasan kulit mati yang berlebihan secara terus menerus diikuti dengan iritasi kulit kepala yang menyebabkan banyaknya muncul ketombe. Ketombe yang memenuhi kulit kepala memang tidak lazim menghinggapi pria atau wanita yang aktif dalam berkegiatan. Tentunya selain akan menimbulkan raga gatal, penampilan rambut juga akan sedikit terganggu dan dapat mempengaruhi produktifitas anda.

cara menghilangkan ketombe


 Sebelum Anda mengetahui cara menghilangkan ketombe, ada baiknya Anda juga mengetahui apa penyebab timbulnya KETOMBE berikut ini ulasannya :

1. Dermatitis seboroik
Dermatitis seboroik merupakan infeksi pada kulit manusia yang disebabkan jamur yang tumbuh pada kulit manusia. Hal ini ditandai  dengan bersisik / mengelupasnya kulit yang di akibat oleh minyak atau lemak berlebih, dan Dermatitis seboroik salah satu penyebab umum munculnya ketombe dikulit kepala.

2. Psoriasis
Psoriasis adalah penyakit kulit yang ditandai kulit bersisik berwarna kemerahan disertai rasa gatal atau perih. Psoriasis juga merupakan salah satu penyebab munculnya ketombe.

3. Kulit kering
Kulit kering merupakan salah satu penyebab ketombe yang dapat diperburuk dengan penggunaan pengering rambut ( hair dryer ) dan kondisioner yang salah.

4. Infeksi jamur
Infeksi jamur pada kulit dapat menyebabkan kulit berminyak dan biasanya ketombe dapat tumbuh secara subur.

5. Penyebab lain
Penyebab lain dari ketombe dapat disebabkan oleh tingkat sterss yang tinggi, kurang menjaga kebersihan kulit kepala, berbagi sisir dengan penderita ketombe serta penggunaan sampo dan kondisioner yang tidak sesuai dengan jenis kulit kepala.


Bagaimana cara mengatasi ketombe ?

Ada banyak cara untuk menghilangkan ketombe, mulai dari yang tradisional sampai dengan modern. Berikut ini cara menghilangkan ketombe yang patut Anda coba :


1. Keramas dengan Sampo.
Pilihlah sampo anti ketombe yang disesuaikan dengan jenis kulit kepala anda. Pemilihan sampo dengan kandungan anti ketombe yang tepat dapat membantu anda mengurangi dan menghilang ketombe. Keramas dengan rutin dapat menjaga kebersihan kulit kepala dan menghindari pertumbuhan ketombe.

2. Mandi setelah melakukan kegiatan berkeringat.
Pastikan anda mandi dan keramas setelah melakukan kegiatan yang mengeluarkan keringat, seperti berolahraga. Keringat dapat menyebabkan iritasi kulit dan mempercepat pengelupasan kulit dan mempercepat pertumbuhan ketombe.

3. Jangan gunakan air panas / hangat.
Air pana dapat menyebabkan terbukanya pori-pori kulit sehingga keluarnya minyak alami pada kulit dan kulit anda menjadi kering. Apabila anda menggunakan air hangat, bilaslah rambut mengunakan air dingin, hal ini akan membuat pori-pori kulit menutup dan mencegah munculnya ketombe akibat kulit yang kering.

4. Gunakan bahan alami / herbal.
Banyak bahan alami / herbal disekitar kita yang memiliki manfaat untuk menghilangkan ketombe, diantaranya.
- Minyak jojoba, yang terkenal sebagai pelembab alami yang baik untuk kulit dan mencegah munculnya minyak pada kulit dan menyeimbangkan PH kulit sehingga kerombe tidak akan muncul.
- Jeruk nipis, gosokan pada kulit kepala dan tunggu beberapa saat lalu bilas. Asam salisilat pada jeruk bermanfaat membersihkan minyak yang berlebih pada kulit kepala.
- Minyak kelapa murni, pijat kulit kepala anda dengan minya kelapa murni lalu tutup dengan handuk panas diamkan beberapa saat. Minyak kelapa murni memiliki sifat anti jamur yang baik untuk mencegah ketombe.
- Kulit nanas, parut nanas yang sudah matang lalu gosokkan pada permukaan kulit kepala, diamkan semalaman lalu bilas pada pagi hari. Nanas mengandung zat bromelain yang berkhasiat untuk membuang jaringan kulit tidak sehat termasuk ketombe.

5. Pola hidup sehat.
Perhatikan pola hidup sehat, konsumsi makanan yang bergizi, kurangi stres, jaga kebersihan tubuh, hindari rokok dan alkohol, konsumsi vitamin yang baik untuk kulit.




Selamat mencoba tips menghilangkan ketombe diatas, semoga bermanfaat.


...TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...SEMOGA TIDAK BOSAN DENGAN ISI BLOG INI...

SEGARKAN MATA - 00:22
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 comments:

Post a Comment